Skripsi


KONTRIBUSI PENGETAHUAN AWAL DAN KONSEP DIRI
TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN GIANYAR PADA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Oleh
I Putu Ermawan, NIM. 0613021086
Jurusan Pendidikan Fisika
                                     

ABSTRAK


Hasil belajar banyak diwarnai oleh pengetahuan awal siswa. Pengetahuan awal ini akan menentukan regulasi hubungan antara konsep dalam pikiran siswa melalui proses asimilasi dan akomodasi. Konsep dan hubungan konsep yang sudah terbentuk dalam pikiran siswa akan mampu menumbuhkan konsep diri siswa yang mantap dalam mengerjakan tugas-tugas belajar untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Seberapa besar kontribusi pengetahuan awal dan konsep diri terhadap hasil belajar sampai saat ini belum terungkap secara emperis.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) profil pengetahuan awal siswa dalam pembelajaran fisika, (2) profil konsep diri siswa dalam pembelajaran fisika, (3) profil hasil belajar fisika siswa, 4) kontribusi pengetahuan awal terhadap hasil belajar fisika, (5) kontribusi konsep diri terhadap hasil belajar fisika, dan (6) kontribusi antara pengetahuan awal dan konsep diri terhadap hasil belajar fisika siswa.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto (penelitian korelasional). Populasi target pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Gianyar pada tahun pelajaran 2009/2010, sedangkan populasi terjangkaunya adalah SMA N 1 Gianyar, SMA N 1 Tampaksiring, SMA N 1 Sukawati, dan SMA N 1 Tegallalang. Jumlah populasi targetnya adalah 1627 siswa. Sebanyak 325 dipilih sebagai sampel dengan menggunakan teknik multistage random sampling dan teknik proporsional random sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah pengetahuan awal dan hasil belajar fisika melalui tes pemahaman konsep serta konsep diri yang dikumpulkan melalui kuisioner konsep diri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pengetahuan awal siswa dalam pembelajaran fisika tergolong kategori sedang, (2) konsep diri siswa dalam pembelajaran fisika tergolong katagori sedang, (3) hasil belajar fisika siswa tergolong kategori tinggi, (4) terdapat kontribusi pengetahuan awal terhadap hasil belajar fisika (F=151,158, p<0,05) sebesar 32% dengan sumbangan efektif (SE) sebesar 10,7%, (5) terdapat kontribusi konsep diri terhadap hasil belajar fisika (F=33,002, p<0,05) sebesar 9,2% dengan sumbangan efektif (SE) sebesar 2,3%, dan (6) terdapat kontribusi pengetahuan awal dan konsep diri terhadap hasil belajar fisika (F=90,845, p<0,05) sebesar 36,1%  dengan sumbangan efektif (SE) sebesar 13%.


Kata-kata kunci: pengetahuan awal, konsep diri, dan hasil belajar fisika.

Untuk File lengkap dapat di download di sini:
Download File :